Detektif Conan (Vol. 100) — Aoyama Gosho

Ngaku penggemar manga Detektif Conan tapi baru baca nomer 100-nya?

Memang rilis Prancisnya termasuk lambat, tapi Detective Conan jilid 100 sebenarnya sudah beredar sejak September 2022 lalu. Hanya saja sepulang dari liburan musim panas ke Indonesia, ditambah dengan kesibukan persiapan tahun ajaran baru saat itu, saya tidak dalam mood shopping. Selain perlengkapan sekolah, tentunya! Beli dipasin ultah saya di bulan Oktober saja sekalian...

Tentu saja saya membaca manga ini dengan sangat cepat. Menulis di sininya saja yang lambat. Sengaja nunggu tahun baru, soalnya... (alasan)


Jilid yang Tamat

Kasus pertama dalam jilid 100 ini masih melanjutkan kasus "Déduction à la Television" (= Deduksi dalam Acara Televisi), bab 11 dari jilid 99. Conan membantu ayahnya mengungkap kasus pembunuhan berantai, yang sudah dijadwalkan untuk dilakukan di sebuah siaran langsung di televisi. Agenda berubah karena Yusaku jatuh sakit dan tak mungkin tampil. Namun akhirnya semua berjalan lancar, meski tentu saja dengan unsur-unsur tak terduga...

Kasus kedua menceritakan tentang Organisasi Baju Hitam yang tetiba aktif memburu anggota FBI di Jepang. Ternyata organisasi ini berhasil memecahkan kode rahasia FBI dan menggunakannya untuk menjebak para anggota yang keberadaannya di Jepang tidak dalam jalur resmi itu. Di sini Conan membantu memberikan strategi untuk membebaskan FBI dari jebakan Organisasi Baju Hitam...

Kasus ketiga adalah pembunuhan di kuil Haido Jinja yang terjadi saat Conan menemani Ran dan Kazuha membeli jimat. Conan membantu polisi mengungkap pelakunya... 

Jarang-jarang jillid manga ini berakhir dengan sebuah kasus yang selesai. Apalagi di jlid-jilid belakangan. Biasanya hanya pembukaan saja. Harus membaca jilid selanjutnya. Namun kali ini, jilidnya berakhir tamat!...

Serial Belum Tamat

Dulu sempat beredar gosip bahwa serial Detektif Conan ini akan tamat di jilid 100. Ternyata tidak! Serial masih akan berlanjut...

Saat membaca jilid 99, saya memang berharap cemas. Apalagi ada kehadiran Yusaku dan Yukiko Kudo di sana. Semua tokoh berkumpul, apakah pertanda serial akan berakhir? Saya sampai berniat mengoleksi jilid 100 ini dalam semua bahasa yang bisa saya temukan di semua negara yang saya kunjungi. Namun saat jilid 100 keluar, saya sudah tau bahwa masih ada kelanjutannya. Niat koleksi pun lunturrr...

Jilid 100 dalam bahasa Prancis
dan edisi khusus dalam bahasa Jepang

Di Jepang sana, jilid 102 sudah keluar pada saat jilid 100 Prancis baru rilis. Direncanakan, jilid 103 akan terbit musim semi 2023. Entah kapan versi Prancisnya menyusul...

Kapan serial ini tamat? Sampai Aoyama Gosho pensiun, mungkin? Atau jangan-jangan malah akan masih lanjut lagi?...

Bahkan mungkin pertanyaan lebih ekstrem: apakah serial ini akan ada akhirnya?...

Saya sendiri termasuk dari banyak penggemar Conan yang ingin tahu akhir ceritanya, tapi tak mau serialnya selesai!... Hehehe...

Masih Memikat

Yang jelas, manga ini masih memikat. Alurnya memang jadi cukup berulang. Namun bagi saya, kasus-kasusnya masih tetap inventif dengan intrik yang menarik. Ceritanya juga makin apik...

Apalagi saya membandingkannya dengan cukup drastis. Mengingat saya baru mulai mengoleksi Conan versi Prancis dari jilid 48, dan baru belakangan ini mulai mengumpulkan jilid-jilid awalnya. Selain karena putri saya tertarik, saya juga ingin mengetahui fakta-fakta yang tentu saja terlewat karena pada dasarnya entah sampai jilid berapa saya sempat membacanya, atau episode berapa saya sempat menonton serial animenya saat di Indonesia. Yang jelas saya tak tahu kapan (dan bagaimana) munculnya Ai Haibara, misalnya...

Saat membaca jilid 10 yang saya beli bersamaan dengan jilid 100 kemarin, terlihat bagaimana alur yang lebih apik. Konsistensi cerita antar jilid lebih terjaga. Dan tentu kualitas terjemahan (oleh Cyril Coppini untuk jilid 100) yang makin nyaman dengan tetap mempertahankan beberapa istilah Jepang, tak terlalu memaksakan padanan kata dalam bahasa Prancis...

Tentu saja, saya akan melanjutkan koleksi manga Detective Conan. Meski Butet sendiri lebih tertarik ke serial Magic Kaito yang entah apakah Aoyama Gosho masih akan melanjutkannya...




Komentar

  1. Ya ampuuun ... ternyata kita sama-sama penggemar Detective Conan. Tapi aku baca yang versi online, Mbak. Udah sampe chapter 1105.
    Oiya, aku juga lagi suka nonton animenya, Mbak. Baru sampe episode 1056.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Chapter 1105 itu vol berapa mbak? Di sini bab-nya reset tiap volume. Jadi ga kerasa beribu-ribunya 😅
      Anime malah ga lanjut nih. Baru sampe episode yang sama dengan vol 6 kl ga salah 😁

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Je Reviendrai avec la Pluie — Ichikawa Takuji

Kita Pergi Hari Ini - Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie