La Barka - NH Dini

Seingat saya, hanya Pertemuan Dua Hati yang pernah saya baca dari berbagai tulisan NH Dini. Saya baca saat SMP, atas rekomendasi ibu saya, untuk bacaan pelajaran Bahasa Indonesia... 

Saat teman-teman yang lain membaca Sitti Nurbaya atau Layar Terkembang, saya masih belum diberi bacaan kisah cinta...

Saat Menunggu Proses Perceraian

Foto : iPusnas

La Barka menceritakan kisah Rina Bonin, seorang perempuan Indonesia, yang sedang menjalani proses perceraian dengan suaminya yang berkebangsaan Prancis. Sambil menunggu itu, dia bersama anak laki-lakinya yang berusia 3 tahun, berlibur ke La Barka, rumah Monique, sahabatnya...

La Barka diceritakan di terletak di daerah Prancis selatan. Di desa Trans en Provence, 4,5 km sebelah tenggara Draguignan, di departemen Var. Terletak di bukit, pemandangan yang terlihat dari La Barka tentu indah sekali. Jauh tak terbatas ke Laut Tengah...

Di La Barka, Rina tak hanya bertemu dengan teman-teman lama. Dia juga berkenalan dengan teman-teman Monique yang belum pernah ditemuinya sebelumnya. Ada yang menghibur perasaan gundahnya, ada yang mengesalkannya, ada pula yang mengobrak-abrik tatanan hatinya...

Prancis Selatan

Saya meminjam La Barka di iPusnas karena ingin membaca buku NH Dini. Tak ada keinginan khusus akan judul tertentu. Asal jangan serial kenangan saja. Rasanya tak mampu untuk membaca semuanya. Dan setahu saya, tak semua tersedia di iPusnas... Kebetulan La Barka tersedia...

Semangat, saat membaca halaman pertama dan langsung menemukan Draguignan! Kota itu tak jauh dari Cannes. Hanya 60 km saja. Wah, latar cerita di Prancis selatan nih!

Saya sendiri tak mengenal Draguignan selain hanya melewatinya saat naik kereta api jurusaan Marseille. Tapi penggambaran kotanya, iklimnya, jelas mirip-mirip dengan Cannes yang sama-sama di French Riviera. Saya jadi bisa lebih merasakan suasana yang sudah dideskripsikan dengan indahnya oleh NH Dini...

Meski tentu, saya harus mengingat bahwa buku ini pertama kali diterbitkan PT Dunia Pustaka Jaya pada tahun 1975. Setting ceritanya tentu lebih awal dari itu. Ada beberapa hal yang tak bisa saya bayangkan terjadi di zaman sekarang, sekitar setengah abad kemudian. Seperti menonton film di bioskop sesudah makan malam di musim panas. Atau pembicaraan tentang perang. Penamaan tokoh-tokohnya juga kebanyakan dengan nama (Josette, Poupette, Serge, ...) yang sudah tidak umum lagi saat ini...

Buku Tentang Perempuan Prancis

Buku ini ditulis dengan gaya semacam catatan Rina. Tapi bukan buku harian. Tak ada penanggalan aaupun penanda waktu. Catatan tentang pengalamannya selama di La Barka. Sering kali catatan ini ditujuan ke seseorang. Kekasihnya. Yang bukan suaminya...

Tapi La Barka ini bukan cerita tentang Rina saja, melainkan tentang beberapa perempuan. Dibagi atas 5 bagian, yang masing-masing diberi judul nama perempuan: Monique, Francine, Sophie, Yvonne, dan Christine. Perempuan-perempuan Prancis dengan segala permasalahnnya, dan tentu saja interaksinya dengan laki-laki!...

Monique dengan suaminya Daniel yang juga dalam proses perceraian. Francine dengan suaminya René yang tak harmonis lagi. Si sensual Sophie yang sudah memiliki pacar dan bahkan kemudian bertunangan, tapi tak segan bermesraan dengan Jacques dan Xavier. Yvonne yang memilih memutus hubungan persahabatan karena merasa cemburu bahwa Jacques lebih perhatian ke Monique. Lalu Christine dengan ketiga anak laki-lakinya, Robert, Pascal, dan Dominique, yang jatuh cinta pada Rina...

Tak disebutkan nama suami Rina, nama kekasihnya, maupun nama anak laki-laki Rina sendiri...

Dari berbagai cerita perempuan itu, saya sempat berharap bahwa Rina menjaga keindonesiannya. Apalagi dengan sisipan certa-cerita pendidikannya di biara di mana dia dibesarkan. Tapi ternyata Rina adalah perempuan Prancis. Berdarah Indonesia... 

Pergaulan Ala Prancis

Sempat agak terkaget dengan muatan pergaulan bebasnya. Tapi teman-teman saya yang lebih banyak mengenal NH Dini bilang, ya begitu gaya penulisannya!... 

Memang selain Pertemuan Dua Hati, saya baru sempat membaca Dua Dunia. Kumpulan cerpen dengan penulisan yang menurut saya sagat modern, yang ternyata beberapa ditulis saat NH Dini masih SMA. Yang waktu itu saya tak sempat menyelesaikannya, dan sekarang saya niatkan untuk melanjutkannya...

Buku yang saya baca di iPusnas merupakan versi terbitan PT Gramedia Pustaka Utama cetakan Februari 2010. Novel 252 halaman ini saya sarankan untuk mereka yang sudah dewasa. Konflik rumah tangga, perselingkuhan, menyelingkuhi selingkuhan, ... rasanya kurang tepat untuk mereka yang masih berusia remaja atau yang lebih muda...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Je Reviendrai avec la Pluie — Ichikawa Takuji

Kita Pergi Hari Ini - Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

Detektif Conan (Vol. 100) — Aoyama Gosho