L'Inconnue de la Seine - Guillaume Musso

Guillaume Musso adalah satu-satunya penulis yang semua bukunya saya miliki. Dan baca, tentunya! Meski selain bukunya yang ke tiga yang saya dapatkan dengan tanda tangannya saat bertemu langsung dengannya di Salon de Livre Paris 2005 dan buku pertamanya yang langka dan dicetak ulang di masa pandemi, semua bukunya saya beli dalam format poche (pocket)...

L'Inconnue de la Seine ini nyaris tak saya beli. Ceritanya saya ngambek. Saat rilis tahun lalu, penulis datang ke Festival Livre Mouans Sartoux, tapi antrian untuk tanda tangannya ditutup lebih cepat dari jadwal. Tahun ini dia hadir juga di Mouans Sartoux untuk promosi buku terbarunya. Butet yang mau mengantrikan untuk saya--yang tak bisa hadir karena cedera kaki--kecewa karena lagi-lagi antrian ditutup cepat!... Kami pun memutuskan untuk memboikot, tak mau beli bukunya lagi!...

Namun akhirnya saya tergoda membelinya saat melihatnya dijual di tabac dekat rumah. Semoga bisa menyemangati toko koran kecil itu untuk tetap jualan buku ke depannya, gitu...

Misteri Pianis

Menceritakan tentang Roxane Montchrestien yang dimutasi ke BANC, Bureau des Affaires Non Conventionnelles, Kantor Urusan Nonkonvensional yang direncanakan akan segera dihapuskan, sebagai hukuman atas kesalahan profesionalnya. Atasannya, dan satu-satunya partner kerjanya di BANC, sedang dirumah sakitkan. Marc Batailley mengalami koma karena jatuh di tangga kantornya...

Saat memeriksa telepon kantornya, ada pesan mengenai ditemukannya seorang perempuan di sungai Seine. Amnesia. Namun kemudian perempuan itu melarikan diri dari keperawatan kepolisian...

Dari pemeriksaan ADN, ditemukan bahwa perempuan tadi adalah Milena Bergman. Tidak mungkin! Pianis itu meninggal setahun sebelumnya dalam kecelakaan pesawat terbang!

Roxane pun melakukan penyelidikan, ditemani oleh Valentine Diakité, seorang pemagang di BANC. Valentine yang sudah sempat bekerja beberapa bulan di sana mengenal Milena yang tak lain adalah pacar dari Raphael Batailley, anak dari Marc Batailley...

Namun bagaimana mungkin Milena yang sudah meninggal bisa ditemukan di sungai Seine?

Tak Ada Jebakan

Seingat saya, baru kali ini novel Guillaume Musso berakhir tidak eksplisit bahagia. Cenderung tragis, malah, kalau cuma melihat fakta. Baru kali ini juga tidak ada kisah cinta yang mewarnai alur utamanya...

Penulisan Guillaume Musso masih saja kurang indah untuk saya. Rasanya ada yang bisa dibenahi. Tapi entah apa... Lagipula, siapalah saya ya!? Tidak ada latar belakang literatur, dan mengulas hanya dengan rasa...

Yang jelas, seperti biasa saya terbawa. Ceritanya selalu saja memikat, penuh misteri. Membuat susah berhenti. Bahasanya yang sederhana juga membantu sekali...

Kali ini pun begitu. Meskipun saya agak skip di bagian mitologi Yunani yang menurut saya terlalu panjang lebar dengan detil-detilnya. Memang berkaitan dengan cerita sih. Mungkin bisa lebih memahami karakter tokoh-tokohnya? Tapi saya rasa tidak perlu sampai semendalam itu sih...

Dalam novel ini saya mendapati Guillaume Musso yang agak berbeda. Tidak ada trik dengan cerita. Tidak ada jebakan. Murni thriller, suspense. Dan saya suka saat salah menebak, dan menemukan bahwa ini bukan hanya imajinasi Roxane yang depresi atau Raphael yang penulis, seperti kisah di beberapa bukunya belakangan...

Rujuk?

Guillaume Musso adalah penulis yang sangat produktif. Tiap tahun ada buku yang dikeluarkannya. Ada gosip bahwa dia menggunakan ghost writer. Kalau dibayar layak, kenapa tidak ya?...

Tahun ini pun dia mengeluarkan Angelique. Buku yang hendak diantri oleh Butet tapi gagal itu... Apakah saya membelinya tahun depan saat keluar versi poche-nya?... Mungkin kalau dijual di tabac dekat rumah lagi! Atau kalau bertemu dan mendapatkan tanda tangan penulisnya!...

Bagaimanapun juga, saya tak bisa melupakan jasa buku-buku Guillaume Musso dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Prancis saya. Cerita memikat yang dibungkus dengan bahasa sederhana membuat buku-bukunya saya rekomendasikan kepada teman-teman yang ingin memulai membaca buku novel berbahasa Prancis...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Je Reviendrai avec la Pluie — Ichikawa Takuji

Kita Pergi Hari Ini - Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

Detektif Conan (Vol. 100) — Aoyama Gosho